Sunday, December 2, 2012

Karir Desain Multimedia

Semua orang punya cita-cita. Mau seremeh atau semustahil apapun, kita semua pasti punya cita-cita dan sedang dalam pengejaran meraih cita-cita itu. Kadang-kadang malah cita-citanya kebanyakan atau gonta-ganti. Waktu TK, cita-cita gue adalah menjadi dokter. Waktu SD, gue pengen jadi astronot. Nah, mulai SMP gue punya cita-cita jadi filmmaker dan cita-cita itu terus gue pertahankan sampe sekarang supaya suatu saat bisa gue capai. 

   Loh tapi kenapa gue malah masuk jurusan desain multimedia? Kenapa gue nggak masuk jurusan perfilman? Kan desain multimedia nggak ada hubungannya sama bikin film?

    Salah.

   Emang gue seharusnya masuk jurusan perfilman, tapi karena banyak yang nggak setuju, jadinya gue masuk sekolah desain. Tapi gue milih multimedia karena ternyata nyambung sama filmmaking. Ternyata desain multimedia juga mempelajari cara mengedit video, menambah special effects, dan lain-lain yang jelas berhubungan dengan post-production sebuah film. 

   Ga cuma itu, orang dengan gelar desain multimedia punya lebih banyak pilihan karir. Multimedia mencakup berbagai bidang pekerjaan termasuk desain web, desain permainan komputer, iklan grafis, animasi dan media baru. Multimedia digunakan di perpustakaan, museum, sistem keamanan, TV kabel, rumah penerbitan, sekolah, pengecer, film, game, pelatihan dan video conferencing.

    Biasanya, orang dengan gelar desain multimedia bekerja sebagai:
  • Desainer multimedia
  • Web designer/developer
  • Animator
  • Software/game developer/programmer
  • IT Support/Helpdesk
  • Penerbit online, baik dari segi editorial atau desain
    Secara garis besar, pekerjaan desainer web meliputi:
  • Merancang & memproduksi CD multimedia & website menggunakan teks, grafik, suara, animasi & video.
  • Membahas persyaratan dengan klien.
  • Prototyping, memberikan rancangan awal cepat solusi untuk klien untuk melihat.
  • Pemrograman, sering menggunakan bahasa pemrograman yang sederhana yang disebut bahasa scripting.
  • Bekerjasama dengan desainer grafis, musisi & produser video mengenai konten.
  • Menyelesaikan proyek tepat waktu & sesuai anggaran.
  • Terus mengupdate perkembangan perangkat lunak & perangkat keras yang cepat.
   

   Desainer web bisa bekerja di pelatihan organisasi, lembaga pendidikan, produsen software pendidikan, konsultan IT, dan hampir setiap perusahaan yang mempunyai situs web.  Web desainer juga bisa menjadi wirausaha dan bekerja freelance.

    Industri animasi berkisar di berbagai segmen industri audio visual termasuk televisi, film, iklan, website dan game komputer. Biasanya pekerjaan pertamanya adalah sebagai asisten produksi atau runner. Supaya bisa berkecimpung di industri animasi, si fresh graduate butuh channel dan harus mengirimkan CV dan portfolio yang berkualitas, nggak kayak CV dan portfolio karyawan biasa. Siapa tau dapet job jadi animator film luar negeri kayak Rini Sugianto, yang menjadi salah satu animator film Tintin: The Secret of the Unicorn dan The Avengers. 

Pada Suatu Ketika & Tintin: animasi garapan orang Indonesia

    Kalo bidang media baru (new media) mencakup segala sesuatu dari ponsel WAP, televisi interaktif, e-commerce, termasuk perusahaan desain web, perangkat lunak rumah, dot.coms, dan perusahaan media.

    Karir di industri desain multimedia bisa jadi sangat kompetitif. Klien mencari desainer yang terlatih, terbuka untuk ide-ide baru, mampu belajar hal baru cepat, dan dapat beradaptasi dengan baik untuk mengubah tren. Klien juga fokus dengan keterampilan tim yang baik dan kemampuan bekerja dalam project teams.

    Jadi, ya, gue masih bisa jadi filmmaker meskipun jurusan gue adalah desain multimedia. Nah, adakah pilihan karir di atas yang merupakan cita-cita kalian? Dan untuk teman-teman mahasiswa, apakah jurusan kalian sesuai dengan cita-cita kalian? 

Sumber:University of Kent (thanks a lot!)

4 comments:

  1. jurusan multimedia itu di univerasitas mana ya kak yang bagus? trus kita belajar software apa aja? makasih ya ka, mohon di jawab :)

    ReplyDelete
  2. Gue ga yakin ada berapa banyak jurusan multimedia di Indonesia. Tapi waktu itu sih pilihan gue cuma dua: kalo ngga di Universitas Multimedia Nusantara di Tangerang, ya di Sekolah Tinggi Desain Interstudi di Jakarta. Software yang dipelajarin mulai dari yang basic kaya Photoshop, Illustrator, CorelDraw, sampe Premiere, Flash, InDesign, After Effect, 3DSMax, Maya, bahkan UDK.

    ReplyDelete
  3. gue jurusan dkv desain komunikasi visual yaa sekarang baru semester 6 lagi penjurusan gitu dan gue pilih multi nih emang dari dulu gue tertarik di dunia design kalo graphic design sih ya cuman sekedar hobi. terutama multi ini suka yang berhubungan dgn film,animasi,motion,videoart dll deh tapi gue sendiri ngga tau karir dalam multimedia itu sendiri hehehe thks ya vindy :)

    ReplyDelete